Hijab for Sisters

Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur, Kamu Perlu Tahu

Manfaat membaca buku sebelum tidur.

“Kalau malam hari kalian susah tidur, coba biasakan membaca buku filsafat,” ujar bu dosen.

Hah? Buku filsafat?

Menyadari pandangan heran kami sekelas, bu dosen melanjutkan, “Ya kan, saking tidak mengertinya jadi lebih baik tidur saja.”

Senyum geli di wajah bu dosen masih menempel di ingatan Ada Resensi sampai sekarang. Memang benar ada banyak manfaat membaca buku sebelum tidur. Tapi ya ... nggak buku filsafat juga sih.

Kebiasaan Membaca Sebelum Tidur

Kebanyakan kita mungkin terbiasa membacakan buku cerita untuk anak tercinta. Apalagi sekarang kan banyak buku anak-anak yang menarik.

Membacakan buku untuk anak bukan hanya perlu dilakukan oleh ibu. Ayah pun boleh banget melakukannya.

Ketika Ada Resensi kecil, justru bapak (kalau tidak sedang dinas luar kota) yang suka membacakan buku cerita. Entah itu dongeng-dongeng karya H. C. Andersen atau buku-buku perwayangan.

Meskipun sudah bisa membaca sendiri, rasanya tetap senang sekali kalau dibacakan cerita. Kenangan rasa senang itu membekas sampai sekarang, sampai detik Ada Resensi menulis blogpost ini.

Jadi, manfaat membaca buku secara nyaring yang pernah Ada Resensi tulis bukanlah omong kosong. Ada Resensi telah merasakan sendiri manfaatnya.

Sejak itu sampai sekarang, selalu ada buku di kamar tidur. Biasanya yang menjadi pengantar tidur adalah buku bacaan ringan seperti novel atau komik strip.

Memilih novel sebagai bacaan menjelang tidur pun mesti selektif. Novel horor dan thriller yang memacu adrenalin jelas bukan pilihan.

Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur

Apa saja manfaat membaca buku sebelum tidur?
Manfaat membaca buku sebelum tidur.

Selain mendapatkan manfaat membaca buku secara umum, membaca buku sebelum tidur memiliki manfaat yang lebih spesifik.

Yuk, kita lihat apa saja manfaat membaca buku sebelum tidur, baik membaca senyap untuk diri sendiri maupun membacakan buku untuk anak.

1. Rileksasi

Seharian beraktivitas, menghadapi berbagai masalah, dan bertemu beragam karakter manusia tentu sangat mengurasi tenaga dan emosi. Lelah lahir batin.

Membaca buku sebelum tidur merupakan cara agar pikiran dan tubuh kita lebih rileks.

2. Mengurangi stres

Stres sering kali membuat kita sulit tidur. Segala macam kekhawatiran terus menghantui hati dan pikiran kita sepanjang malam.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2021 menemukan bahwa 42% orang yang membaca sebelum tidur ternyata dapat tidur dengan lebih baik.

3. Membantu mengatasi masalah tidur

Tubuh manusia memiliki hak untuk beristirahat dan tidur pada malam hari. Kuantitas dan kualitas tidur sangat berpengaruh pada kesehatan.

Membaca buku sebelum tidur dapat dijadikan sebagai salah satu cara agar lebih mudah tertidur. Lakukan secara rutin agar tubuh mengenali “membaca buku pada malam hari” ini sebagai lonceng penanda waktu tidur.

Meskipun pada masa kini sudah lazim membaca buku digital, tetapi agar lebih mudah tidur sebaiknya membaca buku cetak.

Membaca buku digital melalui ponsel tidak dianjurkan karena justru dapat membuat mata terjaga lebih lama. Penelitian yang dilakukan oleh Anne-Marie Chang et all (2014) menyebutkan bahwa sinar biru yang dipancakan oleh gawai akan merangsang otak dan dapat mengganggu tidur.

4. Memberikan rasa tenang dan bahagia

Anak-anak yang biasa mendengar orang tua mereka membacakan buku sebelum tidur akan merasa lebih tenang, bahagia, dan dicintai.

Perasaan tersebut akan membuat anak lebih mudah terlelap. Tidur lelap dalam pelukan kasih sayang orang tua ... indah sekali, bukan?

Tatjana Saphira dan Bill Gates

Bill Gates
Bill Gates dan kesenangannya membaca buku.

Kebiasaan membaca buku sebelum tidur juga dilakukan oleh banyak pesohor. Bukan hanya yang kita kenal sebagai pemikir dan ilmuwan, tetapi juga oleh artis.

Di dalam negeri, misalnya, ada Tatjana Saphira. Artis blasteran Indonesia – Jerman ini sangat senang membaca. Setiap kali bepergian ke luar negeri pun ia menyempatkan diri ke toko buku atau perpustakaan.

Baginya, membaca adalah bagian dari gaya hidup. Beragam buku dibacanya, baik fiksi maupun nonfiksi. Sebelum tidur pun ia terbiasa membaca buku.

Dari luar negeri yang budaya bacanya jauh lebih baik daripada Indonesia, lebih banyak lagi pesohor yang hobi membaca buku, termasuk menjelang tidur.

Jangan baper ya kalau Ada Resensi sebut budaya baca di luar negeri lebih baik daripada di Indonesia. Memang ada hasil penelitian tentang hal tersebut dan bisa Teman-teman baca juga di artikel Membaca Buku, Pengertian dan Jenisnya.

Salah satu pesohor luar negeri yang suka membaca buku sebelum tidur adalah William Henry Gates III alias Bill Gates.

Siapa yang tak kenal dengan Bill Gates, pendiri Microsoft. Sejak ia kecil, segala macam buku dibacanya. Dari buku komputer, bisnis, biografi orang-orang terkenal, hingga buku sastra. Pada usia 10 tahun ia sudah membaca habis World Book Encyclopedia (22 volume).

Hingga sekarang Bill Gates masih gila membaca. Ia bahkan mengharuskan dirinya membaca buku selama satu jam sebelum tidur. Itu dilakukannya karena meyakini manfaat membaca buku sebelum tidur, terutama dalam kesehatan otak dan memori.

Let’s Start Now

Membaca buku sebelum tidur
Membaca buku sebelum tdur harus dibiasakan sejak dini.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik membaca buku sebelum tidur.
Jika punya anak (terutama yang masih kanak-kanak), kita bisa mulai membacakan buku sebagai pengantar tidur mereka.

Jika masih single atau tidak punya anak kecil, kita bisa memulai kebiasaan membaca sebelum tidur untuk diri kita sendiri. Manfaat membaca buku sebelum tidur ini akan kembali pada kita sendiri, kok.

Membaca buku akan lebih mudah menjadi kebiasaan yang menyenangkan jika kita memiliki keterampilan membaca.

Apa saja keterampilan membaca itu? Nah, Ada Resensi membahasnya khusus dalam artikel Keterampilan Membaca Buku, Penting Dikuasai. Yuk, langsung baca dan mulai dapatkan manfaatnya.


Referensi

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/inspirasi-unik/1122508-hobi-baca-buku-tatjana-saphira-ini-bagian-dari-gaya-hidup. Diakses tanggal 14 Mei 2024.

https://www.idntimes.com/life/women/adliputra/wanita-panutan-10-selebriti-ini-memiliki-hobi-membaca-buku. Diakses tanggal 14 Mei 2024.

https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/reading-before-bed. Diakses tanggal 14 Mei 2024.

https://www.pnas.org/doi/10.1073/pnas.1418490112. Diakses tanggal 14 Mei 2024.

Saputra, Charles. The Habit, Kebiasaan Sehari-hari dan Cara Belajar Orang-orang Genius di Dunia. Yogyakarta: Diva Press.

12 komentar

  1. Sekarang sudah jarang yang baca buku sebelum tidur, padahal salah satu manfaatnya bisa mengurangi stres juga

    BalasHapus
  2. Waktu kuliah daku baca memang sebelum tidur, ya karena sekalian baca karena belajar buat tugas kampus hehe.
    Berarti kudu diterapkan lagi deh

    BalasHapus
  3. hmm baiklaaah, kalo aku justru lagi freshnya bangun tidur terus kadang baca buku wkwkwk kalo mau tidur malah main HP :(( Sedih. Mau ubah kebiasaan ahh abis baca artikel ini wkwkwk

    BalasHapus
  4. Kalau saya sampai saatg ini, masih membaca buku cerita menjelang tidur, Mbak. Dan saya memang merasa rileks sebelum tidur. Lalu dapat ide cerita baru. Besoknya tinggal saya tulis di laptop.

    BalasHapus
  5. Aku merasakan sendiri sih. Kala aku nggak bisa tidur biasanya aku langsung ambil novel. Terus baca beberapa halaman. Dan itu sukses bikin mataku mengantuk dan bakalan cepat lelap.

    BalasHapus
  6. No. 3 sih sering banget jadi solusi tidur nyenyakku, wkwk.. Malah kadang suka ngulang baca buku yg sama, karena bagus ceritanya.

    BalasHapus
  7. bener banget emang baca buku waktu mau tidur bikin lebih rileks dan cepet ngantuk. tapiiiii, ini nggak berlaku kalo buku yang dibaca seru dan page turner hahaha yang ada malah begadang penasaran

    BalasHapus
  8. Tertampar bgt omongan Bill Gates nih. Beliau aja hrs khatamin buku meski ga menyenanginya. Tp nggak buku filsafat jg sih utk dibaca sebelum tidur. Hehe. Tp selera sih ya. Kalo suka buku spt itu ya ttp bgs aja.

    Aku tuh lebih suka buku How To. Jd bs lgsg praktek kalo udh selesai/abis selesai bc bukunya.

    BalasHapus
  9. Setuju banget. Apalagi dengan membaca buku bikin kita itu rileks dan mudah untuk tidur. Cocok banget buat yg punya insomia kayak aku.

    BalasHapus
  10. Membaca sebelum tidur emang juara banget buat bikin pikiran lebih tenang, ya. Aku juga suka baca sebelum bobo, apalagi novel yang bikin ngantuk, hehe. Tapi bener sih, mendingan baca buku cetak daripada digital biar mata gak keganggu. Yuk, kita sama-sama terapin kebiasaan baik ini untuk tidur yang lebih nyenyak! 📚😴

    BalasHapus
  11. bener banget, membaca dapat mengatasi masalah tidur sepertinya. anak-anakku suka sekali minta bacakan buku cerita sebelum tidur. setelah selesai baca buku cerita mereka langsung ngantuk..

    BalasHapus
  12. Tapi aku setuju banget sih kalau baca buku itu bikin rileks dan Emang bikin cepat ngantuk mau apa pun jenis bukunya. Dan ini aku pas kecil suka dibacain dongeng sama almarhumah mama dan itu aku cepet banget tidurnya dan sekarang kalau misalkan susah tidur aku baca buku pelajaran langsung ngantuk hehehe

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.