Jumat, 11 Agustus 2017

Resensi Novel Pink Project karya Retni SB



Resensi Novel Pink Project karya Retni SBSinopsis

Puti Ranin berang sekali ketika Sangga Lazuardi menyerangnya di ruang publik, di koran. Sangga mengejeknya sebagai katak dalam tempurung yang mencoba berceloteh tentang dunia! karena berani memberi penilaian terhadap lukisan tanpa pengetahuan yang memadai.

Bah! Dia memang awam dalam soal seni, seni lukis khususnya, tapi apakah itu berarti dia tidak boleh mengapresiasi sebuah karya? Dan baginya, lukisan Pring menyentuh kalbunya. Sangga Lazuardi sangat pongah. 


Kesombongan lelaki itu membuat Puti mati-matian membela dan mengagumi Pring, pelukis yang dicela Sangga.

Namun yang tidak dimengertinya... Sangga Lazuardi selalu muncul dalam setiap langkah hidupnya.... Bagai siluman, Sangga selalu muncul di mana pun dirinya berada. Apa yang diinginkan lelaki yang telah menghinanya habis-habisan itu?

AdaResensi

Saya kenal penulis novel ini dalam sebuah pengumuman pemenang lomba novel di Jakarta tahun 2005. Dia juara 1, saya juara harapan 3.  

Sejak baru akan membaca novel ini, harapan saya sudah melambung tinggi. Penulis berkualitas juara. Logo penerbitnya pun tak tanggung-tanggung. Gramedia Pustaka Utama. 

Tapi ternyata, saya menyesal membaca novel ini.

Novel ini membuat saya menangis. Mengingatkan saya pada seorang laki-laki serupa Pring. Begitu serupa. Rasa sepi yang ditutupi dan hanya terbaca oleh hati, juga sikapnya….


“Aku mencintaimu. Sangat menyayangimu. Ingin selalu di dekatmu. Tapi aku nggak ingin keinginanku itu membuatmu menderita. Aku nggak bisa memintamu jadi pacarku, apalagi istriku.” (halaman 179)


Dari paragraf itu saya sudah bisa menebak apa yang terjadi pada Pring. Dan tebakan saya terbukti benar pada beberapa halaman berikutnya.



Pring hanya tokoh novel. Namun, laki-laki dalam hidup saya itu nyata dan nyata telah wafat 20 pekan lalu, meninggalkan duka yang entah kapan akan terlerai.

Tapi ternyata Retni tidak berhenti pada wafatnya Pring. Cerita masih berlanjut….

Novel ini bagus. Manis, mengalir lincah. Sesuai dengan kualitas penulis dan penerbitnya.

Identitas Buku

Judul: Pink Project
Penulis: Retni SB
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 264 halaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.