Resensi Buku Pintar Etiket Hijau


resensi buku pintar etiket hijau


Sinopsis Buku Pintar Etiket Hijau

Saat ini slogan go green menggema di mana-mana, menunjukkan meningkatkan kepedulian akan lingkungan. Sebagai individu, kita bisa membantu menyelamatkan bumi tanpa perlu melakukan hal-hal yang sulit.

Buku ini berisi 300 tindakan beretiket hijau yang dapat kita lakukan dengan mudah dalam hidup kita sehari-hari, menghemat uang, dan bisa kita terapkan untuk mendidik anak agar anak kita berwawasan lingkungan sejak usia dini.


Data Buku

Judul: Buku Pintar Etiket Hijau
Penulis: Mien R. Uno dan Siti Gretiani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2011
Tebal Halaman: 273 halaman
ISBN: 978-979-22-7411-0
Harga: Rp 30.000 (book sale tahun 2016)

Buku Lama

Iyes, perlu langsung ditegaskan nih. Ini buku lama. Terbitnya tahun 2011, aku belinya tahun 2016.
Baru dibaca tahun 2020? Hehe… alhamdulillah enggak. Aku udah baca buku ini. Cuma baru sekarang sempat posting di sini.
Kalau nggak karena pandemi corona yang mengharuskan tinggal #dirumahaja, kayaknya buku ini dan ratusan buku lain di rak bukuku nggak akan pernah kucatat di sini.
Jadi kalau setelah baca resensi suka-suka ini trus kalian tertarik untuk membelinya, yaa… coba aja hunting. 

Resensi suka-suka yang lainnya bisa dibaca di sini nih:
Di toko buku kayak Gramedia gitu sih udah nggak ada. Tapi biasanya di lapak-lapak online ada aja yang jual.
resensi buku pintar etiket hijau
Contoh isi Buku Pintar Etiket Hijau.
 

Jangan Jadi Masalah

Bumi makin tua. Bebannya makin berat. Masalahnya makin banyak. Disadari atau nggak, kita juga sering menjadi masalah dan beban itu sendiri.
Hayooo…. Sadar nggak?
Misalnya nihhhh…. Beli vitamin sekotak kecil, dikresekin. Beli roti sebungkus kecil, dikresekin. Hangout di coffee shop, minum kopi di gelas plastik sekali pakai plus sedotan plastik. Ke warung di RT sebelah, naik motor.
Iya kalau kita seorang yang minum pakai sedotan plastik. Kalau seribu orang? Seratus ribu orang? Kalau itu terjadi setiap hari selama bertahun-tahun?
Huwiiiiw! Akumulasinya bakal nyeremin banget tuh. 

Etiket Hijau

Nah, di buku ini Bu Mien ngasih 300 ide go green. Ide yang bisa mudah kita terapkan sehari-hari. Asiknya lagi, kalo diterapkan bisa bikin kita menghemat uang loh.
Ke-300 ide itu dibagi dalam 6 bab.
  • Etiket Hijau di Rumah
  • Etiket Hijau di Kantor
  • Etiket Hijau di Tempat Umum
  • Etiket Hijau di Acara Pesta
  • Etiket Hijau Seputar Penampilan dan Gaya Hidup
  • Menjadi Keluarga Hijau

Misalnya nih tentang etiket hijau di tempat umum, terutama di tempat belanja.
Kata Bu Mien di halaman 157, “Cara kita berbelanja tidak hanya terkait dengan masalah pengaturan keuangan, tapi juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan lingkungan.”
Kita beli barang yang sebenernya kita nggak butuh-butuh amat. Plastik kresek untuk mewadahi belanjaan itu jadi sampah. Barang yang dibeli juga nantinya jadi sampah. Dan yang jelas, kita boros uang tuh.
Bu Mien juga menyarankan, sebisanya kita membeli barang yang berkualitas tinggi. Harganya memang lebih mahal tapi biasanya lebih awet alias nggak cepat rusak.

Menjadi Keluarga Hijau

Yang juga penting adalah mengenalkan anak-anak untuk menerapkan etiket hijau, untuk mencintai lingkungan.
“Menjadi orangtua yang peduli terhadap lingkungan memang memerlukan komitmen tersendiri. Orangtua yang peduli lingkungan harus bersedia menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan untuk mengganti produk-produk perusak lingkungan yang biasa dipakai, berdesain bagus, dan serbapraktis.” (halaman 247)
Beberapa usul dari Bu Mien, nih.
  • Ajak anak berkebun di pekarangan rumah.
  • Ajari anak-anak memilah sampah.
  • Tidak memberi bekal dalam wadah styrofoam.
  • Bawa botol minum dari rumah.
  • Ajak anak membeli barang bekas ke pasar loak.
  • Manfaatkan transportasi umum atau jemputan sekolah.
  • Pilih krayon yang terbuat dari bahan alami.
 

Buku Ringan yang Berat

Bahasan dalam buku karya ibunda Sandiaga Uno ini ringan saja. Penyampaiannya yang berpoin-poin juga membuatnya mudah dibaca dan dipahami.
Membacanya pun nggak perlu urut dari halaman satu. Bisa dimulai dari bagian mana saja yang menarik perhatian kita. Kalo aku mah mulai dari melihat-lihat ilustrasinya. Hehe…. 
300 cara bijak menghemat uang
Ilustrasinya bagus-bagus.

Yang berat adalah bentuk fisiknya. Menggunakan kertas glossy yang tebal membuat buku berukuran standar ini memiliki berat 500 gram alias setengah kilogram.
Kalau nggak punya barbel, bisalah latihan memperkuat otot lengan dengan buku ini 😊
Salam,
TR

No comments

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.