Resensi 100 Mak Nyus Jakarta



resensi buku 100 mak nyus jakarta bondan winarno

Sinopsis 100 Mak Nyus Jakarta

Jakarta adalah salad bowl bagi begitu banyak bangsa dan suku. Kaum pendatang ini membawa ikon dari bagasi budaya bangsa dan daerah masing-masing, termasuk budaya kulinernya.

Kini, hampir semua hidangan tradisional berbagai daerah Indonesia punya wakil di Ibu Kota. Sayang, pada saat yang sama, makanan khas Betawi, penduduk asli Jakarta, justru makin terpinggirkan. Padahal, masakan khas Betawi punya keunggulan dan keistimewaan yang membuatnya mudah disukai banyak orang. Karenanya, kuliner Betawi kagak ada matinye!

Data Buku

Judul: 100 Mak Nyus Jakarta
Penulis: Bondan Winarno, Lidia Tanod, Harry Nazaruddin
Penerbit: Kompas
Tahun Terbit: 2015
Tebal Halaman: 305 halaman
ISBN: 978-979-709-887-2
Harga: Rp 98.000

resensi buku 100 mak nyus jakarta bondan winarno
Lebih dari sekadar buku tentang wisata kuliner.

Wisata Kuliner Bondan Winarno

Terus terang, aku membeli buku ini karena faktor penulisnya, Bondan Winarno. Ya siapa sih penikmat acara kulineran yang nggak kenal beliau?
Tahun 2005, Pak Bondan memandu acara Wisata Kuliner di Trans TV. Acara tersebut bertahan selama 9 tahun. Kemudian 1 tahun lagi di Asian Foods Channel.
Jargon “Mak Nyuss” yang diucapkan Pak Bondan dalam acara itu pun terkenal sampai sekarang. Juga istilah “wisata kuliner” itu sendiri.
Yang aku suka dari acara tersebut adalah kecerdasan dan wawasan Pak Bondan seputar kuliner. Nggak heran sih kalau melihat latar belakang Pak Bondan yang wartawan senior dan memang jago masak.
Sekarang, di tengah banyaknya review-review kuliner yang sekadar bilang “kopi ini enak banget”, “kalian wajib nyobain”, atau ekspresi makan dengan lahap (yang bagiku kadang malah nggilani), aku jadi kangen acara Pak Bondan.
Jadi ketika tahun 2019 lalu nemu buku ini, langsung kuambil.
Beberapa resensi suka-suka ala Ada Resensi lainnya yang bisa Teman-teman baca:

Kulineran Keliling Jakarta

Sesuai judulnya, buku ini berisi informasi kuliner di Jakarta. Nggak Cuma kuliner Betawi, tapi juga kuliner berbagai daerah lainnya. Sebut saja di antaranya Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.
Bisa dibilang, bahasan dalam buku ini lengkap. Di setiap jenis makanan, ada penjelasan tentang riwayat makanan tersebut, latar belakang budayanya, resep membuat makanan tersebut, hingga tempat jajan favorit Pak Bondan.
resensi buku 100 mak nyus jakarta bondan winarno
Contoh isi buku 100 Mak Nyus Jakarta.

Cuma niiiih….karena buku ini terbitan tahun 2015 dan sekarang tahun 2020, keberadaan tempat-tempat makan yang disebut oleh Pak Bondan itu perlu dilacak lagi.
Bisnis kuliner memang menjanjikan prospek cerah. Logika simpelnya, tiap orang butuh makan. Tapi, bisnis kuliner juga kejam. Banyak yang terhenti di perjalanan.
Pengalaman aja sih. Awal 2020 aku hitung-hitung, dari sekian tempat makan yang pernah aku review secara positif di tahun-tahun sebelumnya, ada 6 yang akhirnya berhenti beroperasi.
Kayaknya bakal seru tuh kalau bisa melacak tempat-tempat makan yang direkomendasikan sama Pak Bondan ini.

Resep Mak Nyus

Kalo nggak memungkinkan buat melacak tempat-tempat wisata kuliner yang tercantum di buku ini, kita bisa nyoba masak sendiri di rumah. 
Menu-menunya menggoda banget. Mau tau ada apa aja? Nih, di antaranya: sayur babanci, laksa Betawi, gurame pecak, mi Aceh, ayam tangkap, arsik ikan mas, sate Padang, tekwan, pindang patin, nasi gemuk, empal gentong, nasi kuning banjar, dan cotto Makassar. Totalnya ada 100 jenis makanan mak nyus.
Aku? Hehe… belum nyoba satu resep pun! Tapi informasi perkulineran di dalam buku ini sangat berguna untuk memperkaya wawasan.
Ya aku juga kan pengen terlihat sebagai foodies yang berwawasan. Kamu gimana?
Salam,
TR

18 comments

  1. Legend sih kata gue soal beliau. Pas lagi di tv gue adalah salahsatu penggemar dr acara kulinernya

    ReplyDelete
  2. Aku punya juga nih bukunya, banyak resep makanan yang wajib dimasak selama di rumah aja.

    ReplyDelete
  3. Branding bnget kata2 mak nyuss ya sekarang Ada bukunya Wisata Kuliner Bondan Winarno next Aku mau baca legend bngt jdnya y

    ReplyDelete
  4. 100 jenis makanan? Wow! Jadi penasaran sama bukunya, siapa tahu bisa nyobain resepnya di rumah.

    ReplyDelete
  5. Seratus resep, satu saja kita kuasai bisa jadi usaha kuliner yang sush disaingi. Cuma yaitu harus bener menguasai...

    ReplyDelete
  6. Yeaaay .. aku punya bukunya, recommended loh ini

    ReplyDelete
  7. Slurrpp ... Semua menunya menggoda. Kudu punya nih kayaknya, terus jangan cuma dibaca, tapi harus dipraktekkan di dapur kita. Apalagi aku sedang bahagia-bahagianya menikmati jadi koki di rumah orangtua. Semua masakan nusantara, langsung bakal dihajar habis.

    ReplyDelete
  8. Kalo di luar negeri food youtuber /instagram dll ngga cuma bilang enak tapi pakai ilmu gastronomy sehingga bisa berkisah ini pakai bumbu apa, asalnya Dari mana

    ReplyDelete
  9. Bener banget Mba Tri,, di tempatku, kafe² yg cm jualan tempat instagramable tumbuh bak jamur di musim hujan, eh beberapa bulan kemudian tutup. Kl menurut saya, tempat makan itu yg utama jual keunikan dan cita rasa makanannya dl ya

    ReplyDelete
  10. Maknyus, kata yang melegenda banget. Aku dulu di TV selalu nonton almarhum. Wah enak2 banget makanannya. Menggoda . 100 resep wah bisa memanjakan keluarga setiap hari nih

    ReplyDelete
  11. Alfatihah dulu untuk master kuliner Indonesia, Almarhum Pak Bondan Winarno yang meninggal 2017 lalu. Waktu saya dapat kabar beliau meninggal karena gagal jantung, saya sedih banget doooong. Suka banget sama review-review kuliner dia, terutama yang Bali. Dari beliau juga saya jadi suka nulis soal makanan. Menu-menu maknyus di buku ini menggoda banget ya mba. Apalagi sebagian itu namanya unik. Kita yang membaca juga ikut penasaran.

    ReplyDelete
  12. Iya pak Bondan iconic banget dengan kata maknyus nya itu sampai dulu seluruh Indonesia tahu klo alm Lagi muncul di tivi.

    ReplyDelete
  13. Sempat menelurkan buku ya ternyata alm Pak Bondan. Cirinya yang khas dengan Mak Nyus, alhamdulillah bisa terukir dalam buku yang dapat bermanfaat untuk siapapun

    ReplyDelete
  14. Yaampun jadi kangen Pak Bondan maknyus waktu jaman di tv, bikin selalu ngiler :9

    ReplyDelete
  15. Pak Bondan mantap, dulu saya juga senang nonton acara beliau. Ada 100 kuliner di Jakarta, kenapa cuma sate padang aja yang familiar di kepala saya yaa..hihi. Artinya masih ada buanyak lagi yang belum saya coba. Setelah pandemi, mari kita kuliner wisata di Jakarta..percuma tinggal di sini kalau hanya di rumah aja *nunjuk diri sendiri :(

    ReplyDelete
  16. Jadi inget pak bondan..
    Aku g pernah lupa nonton acaranya..
    Makyusss

    ReplyDelete
  17. Jadi listing buku untuk dibeli ni mba. Mau coba bereksperimen dengan resep yang dikasih Mas Bondan 😁

    ReplyDelete
  18. Aku suka banget nontonin Bapak satu ini di TV dulu. Pokoknya semua yangn dia makan kayaknya enaaaak terus. Bikin laper. Eh ternyata ada bukunya juga ya kak.

    ReplyDelete

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.