9 Perpustakaan Online Tempat Download Ebook Gratis


9 perpustakaan online tempat download ebook gratis

Perpustakaan Online Gratis

Sekarang ini ada banyak perpustakaan online di dunia. Semuanya memiliki konten yang kurang lebih sama, yaitu buku digital atau ebook. Perbedaan biasanya pada subjek buku yang tersedia. Ada yang general, ada yang spesifik untuk kebutuhan tertentu, misalnya untuk penelitian.

Kemajuan teknologi membuat para pencinta literasi dan pengejar ilmu bisa menikmati beragam bacaan dari perpustakaan online di seluruh dunia.

Nggak perlu repot-repot pergi ke perpustakaan untuk bisa menikmati buku-buku yang ada di sana. Lebih praktis, cepat, dan murah.

Kebayang kan biaya yang harus dikeluarkan kalau mesti langsung ke New York atau Den Haag untuk mencari buku tertentu.  

Tak terhitung jumlah buku yang ada di perpustakaan online. Dari buku fiksi seperti novel dan puisi, buku nonfiksi seperti how to dan sejarah, hingga teks akademik ada di sana.

Perpustakaan virtual atau online sepertinya cocok banget untuk kondisi sekarang yang membatasi gerak fisik kita. Belajar online dari rumah, kerja online dari rumah. Nggak leluasa bepergian ke tempat-tempat umum, termasuk perpustakaan dan toko buku.

Pencinta buku jadul mampir ke artikel yang  ini ya Taman Baca Legendaris di Bandung

Tapi kita tetap bisa pergi ke perpustakaan virtual, bahkan yang ada di negara lain. Kalau kita masuk ke perpustakaan maya seperti ini, kita juga nggak perlu ketemu orang-orang. Nggak perlu cek suhu tubuh dan protokol kesehatan lainnya.

Mencari bahan bacaan atau literatur pun bisa dilakukan dengan mudah. Di perpustakaan virtual kita cukup mengetikkan judul atau kata kunci di dalam kolom pencarian. Muncul deh buku-buku yang kita butuhkan.

Inilah yang banyak disukai para pemuja kemajuan teknologi.

 
Perpustakaan Online Gratis di Indonesia

perpustakaan onlione tempat download ebook gratis
iPusnas, aplikasi gratis milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.


Indonesia punya beberapa perpustakaan virtual yang bisa dengan mudah kita akses secara legal. Salah satu di antaranya adalah aplikasi iPusnas. Aplikasi ini resmi milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Aplikasi iPusnas ini bisa diunduh di Playstore. Setelah terdaftar, kita bisa meminjam buku digital koleksi iPusnas. 

Bermacam-macam kategori buku yang bisa kita pinjam di iPusnas ini. Misalnya buku anak, true story, novel, parenting, sejarah, ekonomi, dan politik.

 

Perpustakaan Online Gratis di Dunia

Berikut ini beberapa perpustakaan online gratis terbaik di dunia yang bisa kita kunjungi. Bisa puas download ebook gratis dan membaca deh.


1. Bibliomania

Didedikasikan khusus untuk para pecinta buku dan pengetahuan, platform ini memungkinkan pengunjungnya mengakses ribuan literatur, penelitian, dan buku-buku akademik. Perpustakaan online ini bisa diakses di http://www.bibliomania.com/.


2. Cyber Library

Ini merupakan perpustakaan virtual terbesar di dunia. Di dalamnya, pengunjung bisa menemukan ribuan literatur, penelitian, teks teknikal, dan beragam jenis buku lainnya. Kunjungi http://www.iqbalcyberlibrary.net/ untuk mengakses perpustakaan ini.


3. Digital Library of the IberoAmerican Heritage

Perpustakaan online ini sangat direkomendasikan untuk para pelajar, mahasiswa, guru, hingga dosen yang memang berkecimpung di dunia pendidikan.

Platform ini membawa banyak buku dari banyak perpustakaan nasional di negara-negara Amerika Latin. Kunjungi https://library.stanford.edu/ untuk mengakses perpustakaan ini.


4. European Digital Library

Kunjungi https://www.europeana.eu/portal/en/ untuk bisa mengakses situs ini. Perpustakaan Eropa ini berisi lebih dari dua juta link ke beragam konten.

Tidak hanya buku teks yang ada di sini. Lewat perpustakaan online ini pun kita bisa melihat beragam hal seperti lukisan, peta, musik, serta program TV dan film.


5. Free E-Books

Lewat portal ini pengunjung akan menemukan ribuan buku yang bisa dibaca secara gratis dari beragam kategori berbahasa Inggris.

Sebagai tambahan, kita juga bisa menemukan buku teks akademik dan teks pendidikan di sini. Situsnya bisa diakses melalui alamat https://www.free-ebooks.net/.

perpustakaan online di dunia tempat download ebook secara gratis
Kemajuan teknologi memungkinkan kita meminjam dan membaca buku secara online,


6. Project Gutenberg

Project Gutenberg adalah sebuah proyek yang membawa ribuan teks dari beragam tipe dan genre ke dalam domain publik.

Dengan mengakses perpustakaan online ini, kita bisa menemukan banyak buku, teks akademik, dan beragam bentuk dokumen lainnya. Kunjungi https://www.gutenberg.org/ untuk mengakses perpustakaan virtual ini.


7. Public Domain Group

Perpustakaan online gratis yang satu ini merupakan tempat ribuan buku-buku domain publik dalam bentuk PDF. Buku-buku filsafat, sains, sejarah, sosiologi, dan beragam buku lainnya. http://www.feedbooks.com/publicdomain adalah link yang bisa dikunjungi.


8. World Digital Library

Salah satu perpustakaan online gratis terbaik di Internet. Perpustakaan ini diinisiasi oleh Library of Congress of the United States yang bekerja sama dengan UNESCO di tahun 2009.

Tujuan dibentuknya situs ini adalah untuk mempromosikan paham dan ilmu internasional. Bisa dikunjungi di https://www.wdl.org/es/.

 

perpustakaan virtual tempat download ebook gratis
Perpustakaan online, jutaan buku dalam genggaman tangan.

Masa pandemi korona, pembatasan sosial berskala besar, lockdown, atau apa pun namanya bukan alasan bagi kita untuk tidak membaca buku.

Nggak bisa ke perpustakaan atau toko buku bukan berarti nggak bisa membaca, kan? Perpustakaan  online gratis menjadi pilihan cerdas untuk menemani kita mencari ilmu, hiburan, dan memperluas wawasan.

So, yuk ke perpustakaan online.

 

Cheers,

www.adaresensi.com

No comments

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.