Hijab for Sisters

Resep Buka Puasa yang Mudah dan Renyah

 

resep buka puasa

Bulan Ramadhan sering banget jadi momen spesial untuk berkreasi dengan aneka resep masakan baru. Entah itu resep buka puasa atau resep untuk menu sahur.

Kreasi masakan dari bahan dasar ayam, ikan, sampai sayuran, semuanya saya jabanin dengan excited. Ya ... meskipun tiap hari masak, kalau bulan Ramadhan tuh beda aja bawaannya. Lebih semangat, Bun!

Kalau berkreasi masakan, tentunya saya nggak seratus persen ngide dong, ya. Takut orang-orang rumah pada nggak doyan. Hehehe…. Selain itu juga sayang dong bahan makanannya kalau masakan nggak enak dan nggak dihabiskan.

So, saya jadi rajin nyari referensi resep masakan. Tentunya biar tetep bisa berkreasi bikin menu makanan sahur dan berbuka yang sederhana, praktis, nggak ngebosenin, tapi tetep enak. Meskipun Ramadhan di rumah aja, maunya kan makanan tetap lezat dan istimewa.

 

Kreasi Menu Ramadhan

Beberapa bulan Ramadhan yang sudah-sudah, bahan makanan andalan untuk saya jadikan stok di rumah adalah daging ayam. Awet, mudah diolah, dan cukup banyak penjual daging ayam potong di sekitar rumah. Itu alasan saya.

Konsepnya tetep berkreasi, sih. Tapi nggak akan jauh dari ayam goreng, ayam panggang, ayam pepes, atau ayam yang diungkep dengan bumbu merah, kuning, hijau di langit yang biru 

Lama-lama ternyata bosan juga. Gak cuman orang rumah yang bosan, tapi saya yang memasaknya juga ikutan bosan.

Itulah yang membuat saya termotivasi membuat kreasi masakan yang lain, nggak melulu dari daging ayam.

Oke, deh. Saya mulai persiapan paripurna dengan ... mengambil ponsel!

Kenapa ponsel? Bukannya langsung masak aja di dapur?

Ya karena ... saya mau cari referensi resep buka puasa dan sahur untuk saya recook. Biasanya kalau momen istimewa Bulan Ramadhan gini, di internet bertaburan resep-resep yang murah, mudah, dan enak.

 

Menu Istimewa Kobe

Mencari referensi resep yang cocok itu rasanya gampang-gampang susah. Harus yang mudah dilakukan, cocok di lidah, dan pastinya cocok di kantong, hehehe.

Akhirnya, saya sampai ke official website dapurkobe.co.id. Alasannya sederhana, karena Tepung Bumbu Kobe ini hampir selalu ada di rak bumbu dapur saya. Andalan banget ketika mau masak goreng-goreng yang cepat, murah, mudah, dan enak.

menu ramadhan dapur kobe
Menu istimewa untuk Ramadhan.

Sesuai kebutuhan dan selera lidah orang di rumah, saya paling sering menggunakan Tepung Kentucky SuperCrispy dan Tepung Bumbu Serbaguna Special.

Beruntungnya saya, tepung bumbu ini hampir selalu ada di warung sayur langganan.

Makanan seperti ayam goreng, jamur krispi, perkedel, bakwan, tempe goreng, tahu krispi, dan kawan-kawannya jadi lebih gurih dan renyah ketika dimasak dengan Tepung Bumbu Kobe.

Senang banget, dong. Tiap masakin pakai Tepung Bumbu Kobe orang rumah langsung antusias. Serbuuu!

Balik lagi ke resep masakan, nih. Sesuai dugaan saya, di official website Dapur Kobe ini ada ratusan Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan. Menu sahur ada, menu berbuka puasa pun. Semuanya kelihatan menggiurkan dan siap untuk recook. 

Saya mulai scrolling website Dapur Kobe. Karena menunya ada ratusan, saya harus memilih mau masak apa. Gak mungkin saya masak semua, kan? Bulan Ramadhan aja hanya 30 hari.

Pertimbangan utama saya tetap pada prinsip murah, mudah, dan enak.

 

Resep Buka Puasa ala Kobe

Setelah puas nge-scroll website Dapur KOBE, pilihan saya akhirnya jatuh pada jamur krispi. Gorengan renyah begitu akan cocok sekali buat pelengkap takjil buka puasa.

Kebetulan, jamur apalagi jamur tiram ini pun bukan bahan yang susah ditemukan. Di warung sayur langganan dekat rumah selalu ada. Harganya pun terjangkau.

Fix, deh. Saya masak Jamur Crispy ala Kobe untuk berbuka puasa hari ini.

 

Resep Jamur Crispy

Nah, ini dia bahan-bahan yang saya gunakan untuk memasak jamur krispi.

Resep jamur crispy.
Sesimpel ini bahannya.

  • 1 bungkus Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy. Saya pakai yang 70 gram.
  • 100 gram jamur tiram. Saya pakai jamur tiram cokelat karena … di warung adanya itu. Hehe… Biasanya saya pakai jamur tiram putih, tapi tadi kebetulan sudah habis.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • 1 bungkus BonCabe Level 15 (7 gram). Bisa pakai yang lebih pedas sesuai selera.


Cara Membuat

Cara memasaknya gampang banget dan cepat juga, lho.

jamur crispy renyah tahan lama
Jamur tiram ditepungin.

  • Cuci jamur hingga bersih lalu peras hingga airnya keluar.
  • Suwir-suwir jamur lalu sisihkan.
  • Siapkan wadah.
  • Tuang Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy lalu masukkan jamur sambil diremas ringan.
  • Goreng jamur dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecokelatan. Tiriskan.
  • Sajikan dengan taburan BonCabe Level 15.


Tadaaa! Jadi, deh jamur crispy yang siap disantap pas buka puasa, hasil recook dari Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan di Dapur KOBE.

jamur crispy.
Jamur crispy bertabur Bon Cabe.


Saya senang banget karena hasilnya enak dan laris manis disantap orang serumah. Nggak heran sih, Kobe Kentucky SuperCrispy ini memiliki perpaduan rasa bumbu rempah alami tanpa pengawet dan pewarna buatan. Diprosesnya pun dengan menggunakan teknologi modern.

Hasilnya tak hanya renyah tapi juga sempurna kelezatannya. Nggak kalah dengan sajian serba crispy di restoran.

 

Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Saya senang banget menemukan inspirasi menu di Dapur Kobe yang mudah, murah, dan enak untuk di-recook. Solusi untuk saya yang suka bingung mau masak di rumah.

Di sisa Bulan Ramadhan tahun ini, saya akan recook lagi beberapa masakan dari Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan. Mungkin masak bakwan sayuran, telur dadar crispy, tempe mercon, atau sup krim jamur.

Yuk maksimalkan momen spesial Bulan Ramadhan dengan recook Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan yang ada di official website Dapur Kobe!

Resep buka puasa dan sahur
Inspirasi Menu Ramadhan

 

Cheers,

www.adaresensi.com

Tidak ada komentar

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.

RajaBackLink.com