Hijab for Sisters

Membangun Ekosistem Bisnis di Era Digital untuk Anak Muda

Membangun ekosistem bisnis

Perkembangan bisnis yang begitu cepat saat ini tak lepas dari dukungan era digitalisasi.

Dengan digitalisasi, para pebisnis bisa memasarkan produk dan jasanya dengan sangat mudah.

Jika dibandingkan dengan era sebelum digitalisasi, sangat jelas perbedaannya. Dulu pebisnis hanya bisa menawarkan produk dan jasa berdasarkan lokasi terdekat.

Dengan bantuan internet, sekarang pemasarannya bisa menjangkau calon pembeli yang berada di tempat-tempat jauh, bahkan hingga ke luar negeri.

Kemudahan itu bukan hanya harus dimanfaatkan oleh pebisnis profesional, melainkan juga oleh anak-anak muda yang masih berstatus mahasiswa sekolah bisnis dan ekonomi di universitas terbaik.

Membangun Ekosistem Bisnis

Untuk menambah ilmu anak-anak muda yang tertarik mengembangkan bisnis, berikut cara cerdas dalam membangun ekosistem bisnis di era digital seperti sekarang ini.

1. Pastikan jaringan keamanan baik

Era digital memang menghadirkan banyak keuntungan untuk para pebisnis, tetapi juga ternyata terdapat sedikit kekurangan.

Kekurangannya adalah marak terjadi tindak skimming dan pishing. Namun, hal itu bisa diantisipasi dengan jaringan keamanan yang baik. Dengan jaringan keamanan yang baik, kecil kemungkinan terjadi tindak kejahatan seperti itu.

Jika jaringan yang dibangun kurang baik, bisa dipastikan akan mudah dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Memastikan platform mudah digunakan

Pebisnis bukan hanya harus memastikan jaringan keamanan sudah berjalan baik, melainkan juga memastikan platform dapat digunakan oleh kebanyakan orang.

Platform yang mudah digunakan akan membuka peluang untuk melakukan berbagai transaksi bisnis yang menguntungkan.

3. Data harus dikelola dengan benar

Cara cerdas lainnya yang juga harus diketahui oleh anak muda yang ingin punya bisnis adalah memastikan data dikelola dengan benar.

Ada banyak sekali data yang harus dikelola, mulai dari data pelanggan, penyedia barang, hingga klien dan semua pihak yang terlibat.

Data-data tersebut bukan hanya perlu dikelola dengan benar, tetapi juga harus dipastikan aman.

Belajar Bisnis

Untuk mempelajari lebih dalam mengenai ekosistem bisnis bisa dimulai dengan masuk ke sekolah bisnis yang sudah terkenal seperti Universitas Prasetiya Mulya.

Mengapa harus kampus yang satu ini?

Tentu ada banyak alasannya. Salah satunya karena terbukti mampu mencetak pebisnis andal dan sukses.

Dengan dukungan sumber daya yang memadai dan fasilitas kampus yang mendukung, universitas ini bisa menjadi pilihan tepat bagi anak-anak muda yang ingin membangun dan mengembangkan bisnisnya.

Tidak ada komentar

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.