Pacar Gelap, Skandal Capres

 

pacar gelap

Novel Pacar Gelap

Setelah 15 tahun lulus SMA, bagaimana perasaanmu saat menemukan jejak mantan gebetanmu?

Sebagian orang mungkin merasa B aja. Sebagian lagi mungkin tenggelam dalam nostalgia.

Lalu, bagian jika pertemuan kembali itu melibatkan seorang calon presiden?

Inilah yang akan kita temui dalam novel Pacar Gelap karya @bayuindie18 yang bisa dibaca secara gratis di platform Wattpad.

 

Bermula dari Reuni

Cesar memang tak datang pada acara reuni SMA-nya. Teman-temannya malah sempat kesulitan melacak jejaknya. Tak ada akun media sosial atas nama Cesar David Maulana.

Sampai kemudian ada yang menemukan bahwa novelis terkenal David Kelana adalah nama pena dari Cesar David Maulana.

Cesar mulai terhubung kembali dengan teman-teman lamanya. Termasuk Ninette Andyani Samudro. Gadis yang pernah dikejarnya selama dua tahun tapi tak berhasil didapatkannya.

Meskipun Cesar tak datang ke acara reuni, komunikasinya dengan Ninette tetap berlanjut.

Ninette sekarang sudah menjadi istri Januar Pribadi, Direktur X-Channel. Sebelumnya, Ninette adalah reporter di televisi swasta tersebut.

Suatu hari, Ninette menawari Cesar pekerjaan. Tidak main-main, pekerjaan menulis memoar Kemal Batubara, sang calon presiden.

Semula Cesar menolak tawaran itu. Apalagi dia bukan pendukung Kemal. Dia justru pendukung kubu seberang yang mengusung Pratama.

Rasa yang masih ada pada Ninette-lah yang membuat Cesar menerima tawaran perkerjaan itu. Selain honornya yang menggiurkan. Seratus juta rupiah.

Namun, Cesar hanya mau menjadi ghostwriter. Cesar tak mau orang-orang tahu dia menulis memoar Kemal.

Untuk mempermudah pekerjaan (yang hanya diberi waktu satu bulan), Cesar ditempatkan di Villa Cinta, vila pribadi milik Kemal. Vila tersebut juga menjadi salah satu tempat kerja tim pemenangan Kemal.

Resensi Pacar Gelap
Pacar Gelap bisa dibaca di Wattperad, via aplikasi dan web.

Ninette yang ditugaskan untuk menjadi konsultan Cesar pun menginap di vila tersebut. Namun, seminggu sekali pulang ke Jakarta.

Dua hati yang tak sempat bertaut di masa remaja, kini harus bekerja sama di sebuah vila selama satu bulan.

Hubungan mereka semakin intens. Seolah hendak membayar masa-masa yang hilang di SMA.

 

Berbalut Politik

Saya sendiri nggak berharap banyak ketika mulai membaca cerita fiksi ini. Bukannya underestimate gimana-gimana, sih. Cuma jujur aja, sering kecewa ketika membaca novel-novel Wattpad.

Belum lagi banyaknya cerita hot di Wattpad yang bikin polusi mata, hati, dan pikiran.

Jadi, daripada berharap tinggi lalu terempas ke dasar bumi, mendingan saya nggak usah berharap aja.

Bab pertama, Memoar, langsung memberikan gambaran tentang novel ini. Tentang pertemuan pertama Cesar dan Ninette setelah 15 tahun lulus SMA. Tentang tawaran untuk menulis memoar Kemal Batubara.

Boleh jujur kaaan? Hm … Bab satu yang penuh dengan dialog ini terasa membosankan bagi saya.

Bagusnya, saya bertahan membaca. Karena di bab 2 saya bisa menikmati cerita ini.

 

Pacar Gelap vs The Ghost

Enam bab, dari bab “Rumah Bangsa” sampai bab “Shit Post” berhasil membuat saya penasaran untuk terus membaca. Membuat saya bertanya-tanya, “Abis ini ada kejadian apa lagi, ya?”

Enam bab yang didominasi aroma politik dan intrik-intriknya sedikit mengingatkan saya pada novel The Ghost karya Robert Harris.

Terjemahan The Ghost diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 2008. Bisa intip di Resensi The Ghost.

The Ghost difilmkan pada tahun 2010 dengan pemeran utama Ewan McGregor dan Pierce Brosnan.

resensi novel online Pacar Gelap
Celoteh politis dalam novel Pacar Gelap 

Dalam The Ghost, si ghostwriter disewa untuk menulis autobiografi mantan Perdana Menteri Inggris, Adam Lang. Bayarannya tentu saja fantastissss.

Autobiografi itu diperlukan untuk Adam Lang membela diri di dunia internasional. Iyes, dia perdana menteri yang ternoda skandal, gaes.

Untuk keperluan itu, si ghostwriter ditempatkan di rumah peristirahatan Adam Lang di daerah pedesaan.

Dalam Pacar Gelap, Cesar si ghostwriter disewa untuk menulis memoar calon presiden, Kemal Batubara. Honornya seratus juta. 

Untuk ukuran Indonesia (tempat penulis sering disuruh mengikhlaskan karyanya dengan alasan amal jariyah), yes, seratus juta itu honor yang fantastis

Kubu Kemal Batubara membutuhkan  memoar itu untuk kepentingan kampanye. Untuk memoles citra positif sang calon presiden.

Untuk keperluan penulisan, seperti saya tulis di awal blogpost ini, Cesar ditempatkan di vila mewah di kawasan Puncak.

Apakahhhh Kemal Batubara juga berskandal? Skandal gunung apa skandal jepit biasa? Hihi… Sandal eta mah.

Menurut kalian, kira-kira berskandal nggak?

 

Berbalut Nostalgia

Sah-sah aja sih kalau ada persamaan premis antara dua novel. Toh premis yang sama akan berbeda hasilnya kalau digarap oleh penulis yang berbeda.

Perbedaan itu bisa terjadi karena perbedaan pemikiran, pengalaman, pengetahuan, latar belakang (politik, ekonomi, sosial, budaya, dan sebagainya). Juga perbedaan pengalaman masa lalu dan harapan untuk masa depan.

Dalam The Ghost, penekanannya pada lika-liku kehidupan profesional penulis bayangan alias ghostwriter dalam balutan politik.

Dalam Pacar Gelap, penekanannya … hm … udah terbayang, kan, dari judulnya? Pada cinta terlarang di masa kini dan nostalgia masa remaja.

pacar gelap, skandal capres
Cinta dalam Pacar Gelap


Flashback yang Mengganggu

Cukup banyak adegan flashback ke masa SMA. Sejak hari pertama menjadi murid baru di SMA Dwiwarna 4, pertemuan pertama, lirik-lirikan, pedekate, marah-marahan, sampai lulus SMA.

Bagi saya, adegan kilas balik itu terasa terlalu banyak sehingga membuat bertanya-tanya, “Siapa sih segmen pembaca yang dituju oleh novel ini?”

Flashback berbab-bab itu menyuguhkan adegan, konflik, seting, dan dialog yang sangat teenlit. Seperti kepingan-kepingan yang dimasukkan secara paksa ke dalam sebuah papan puzzle.

Iya sih, itu menunjukkan dengan sangat terang-benderang bagaimana Cesar dan Ninette di masa lalu. Tapi jadi terasa mengganggu kenikmatan membaca novel beraroma politik ini.

Sebaliknya, mau menyebutkan ini genre novel teenlit … nggak bisa juga. Terlalu tua! Teenlit nggak bercerita tentang tokoh utama yang berusia 33 tahun dan sudah menikah.

Kalau boleh menyarankan, porsi flashback ini dikurangi 80% sampai 90%, deh. Tak perlu sebanyak itu untuk menunjukkan perjuangan Cesar mendekati Ninette di masa SMA.

 

Bagian Paling Seru

Ketegangan muncul ketika Ninette diminta menemui Kemal Batubara di ruang kerjanya dengan membawa flashdisk.

Kemal sedang sibuk berbicara di telepon ketika Ninette datang. Dengan singkat Kemal menyuruh Ninette menyalin semua isi folder Foto yang ada di laptopnya.

Foto-foto itu dibutuhkan oleh Cesar untuk melengkapi memoar yang ditulisnya.

Ninette menurut. Semua isi folder tersebut disalinnya ke flashdisk tanpa melihat isinya.

Cesarlah yang kemudian menemukan sesuatu di dalam flashdisk itu. Sesuatu yang mengungkap seperti apa Kemal Batubara sebenarnya.

Sesuatu yang mengancam keselamatan Cesar dan Ninette. Sekaligus membongkar cinta terlarang mereka.


Novel Wattpad Pacar Gelap
Hm... iya apa nggak nih?


Bersih

Nggak bahas typo, Teh? Biasanya kan demen tuh, seperti resensi Berbahasadi Media Sosial.

Nggak ah. Males. Hehe…. Singkat aja deh. Sebagai sebuah novel yang tayang di platform digital tanpa sentuhan editor (layaknya di penerbitan), novel Pacar Gelap relatif bersih.

@bayuindie18 bisa membedakan penulisan di- sebagai awalan dan di sebagai kata depan. Dia juga tahu gimana teknis penulisan dialog.

Berkelanalah di Wattpad dan kalian akan mendapatkan banyak sekali penulisnya yang nggak paham tentang dua hal dasar tersebut.

Oh btw, meskipun novel ini berjudul Pacar Gelap dan bercerita tentang cinta terlarang, tapi dialog dan adegannya aman. Nggak ada adegan kiss-kiss, apalagi lebih dari itu.

Penasaran? Langsung aja ya meluncur ke Pacar Gelap di Wattpad. Bisa dibaca melalui aplikasi, juga bisa di web.

 

Cheers,

Ada Resensi

16 comments

  1. wih keren perkembangan novel hingga ke ranah digital, selain itu bebas editor, hal ini membuat pembuat bebas berkreasi terlepas dari adanya tulisan yang salah. Segera ah meluncur biar ga penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak adanya editor di platform digital ada sisi minusnya juga sih. Udah banyak buktinya makanya di awal aku sempet agak underestimate sama novel ini.

      Delete
  2. Aku penasaran dengan yang ada di dalam flashdisknya gambar atau file apa yang menagncam keselamatan Ninette & Cesar? apa Kemal sudah tau ya kisah mereka. Ah jadi mau baca aja deh

    ReplyDelete
  3. Baca reseninya jadi penasaran dengan kelanjutan ceritanya.
    Apa sebenarnya yang ada dalam flashdisk tersebut?
    Cerita politik dicampur cerita masa di SMA memang jadi gak jelas bacaan tersebut untuk kalangan siapa, ya, Teh. Tapi kalau dibaca, ceritanya tetap menarik rasa penasaran saya, hehehe

    ReplyDelete
  4. Plotnya bikin penasaran, apalagi ada sisi politiknya juga. Aku juga penggemar novel di wattpad nih, kayaknya yang ini boleh deh masuk list bacaan hehe.

    ReplyDelete
  5. Kalau saya ada di posisi Cesar, saya akan menolak tawaran menulis itu. Soalnya walau gede honornya 100 juta, tapi lumayan juga resikonya. Apalagi Cesar menemukan dalam flashdisk itu sesuatu yang membahayakan dirinya. Soalnya Ninette, cukup jadi masa lalu saja hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, 100 jeti itu bisa buat beli franchise bakso loh :D

      Delete
  6. Ehehe, aku kadang buka wattpad untuk baca penulis favorit seperti Almira Bastari...Bener sih, pas buka wattpad itu kadang polusi sama yang 'hot'...Makasih ya rekomendasinya, mau coba ah pas baca wattpad lagi

    ReplyDelete
  7. Aku udah lamaaaaa banget nggak mampir ke wattpad dan aplikasinya nggak lagi aku install karena ya gitu deh, Teh.

    Tapi kenapa oh kenapa nemu resensi Pacar Gelap ini. Cukup bikin penasaran sih, tapi niatku masih belum ngumpul banyak Teh. Peace.

    Namanya juga bacaan ya Teh. Selera.

    ReplyDelete
  8. Wah... sungguh emosional kalau melibatkan perasaan. Caesar harus terlibat perasaan dalam profesinya. Padahal, sebenarnya kan idealisme harusnya mengalahkan cinta. Hehe itu menurut aku sih...

    ReplyDelete
  9. Kira2 apa ya yang ada dalam file flashdisknya, bikin penasaran aja nih...
    Kadang cerita seperti ini membuat pembaca terlarut dalam setiap bagiannya

    ReplyDelete
  10. Pacar gelap? Wah ini menarik banget buat ditulis dan dibaca. Abis ini aku mau meluncur ke akun wattpad ah. Etapi, yang namanya reuni itu memang bisa menyenangkan, juga bisa membuat masalah baru lagi, sih.

    ReplyDelete
  11. Aku seneng sama novel yang melibatkan kilas balis ke masa lalu, Teh. Penasaran sama kepiawaian penulisnya mengolah dua keping masa itu. Tapi itu mantan, sorry layau, dah ga ada pintu buatmu wkwkwkw. Aku setuju Teh, biasanya cerita di platform digital enggak perhatikan bahasa yang enak, nah ini judulnya provokatif banget, melibatkan capres segala, haha!

    ReplyDelete
  12. Wah, kerjanya di villa lho.. bareng masa lalu pulak.. jadi kebayang gimana serunya pengalaman selama kerja di balik deg-degannya pekerjaan si Cesar.

    ReplyDelete
  13. Pertama baca judul saya salfok aja sih, waduh ini skandal apalagi yang melibatkan calon presiden wkwkwkwk. Eh tau-taunya novel gratis yang ada di wattpad. Keknya seru nih novelnya buat bahan bacaan.

    ReplyDelete
  14. Kalau aku jadi penasaran sama bagaimana cerita ini menyeimbangkan antara Caesar dg Ninnete dengan cerita Kemal Batubara, apakah jadi sip atau tidaknya. Baca resensi ini jd ingat buku2 bacaan saat remaja hahaha

    ReplyDelete

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.