Sabtu, 26 Mei 2018

6 Alasan Kenapa Artikel Kamu Harus Pakai Gambar atau Foto

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

6 Alasan Kenapa Artikel Kamu Harus Pakai Gambar atau FotoPernah blog walking? Atau googling lalu diantar oleh Om Google ke sebuah web? Pasti pernah dong ya. Buktinya kamu sampai ke blog ini. Hehe….

Saya sering, untuk berbagai keperluan. Dan rasanya garing – garing gimanaaa … gitu kalau sampai ke web atau blog yang isinya melulu tulisan tanpa gambar atau foto satu pun. Serasa baca buku teks kuliah, bok.


Alasan Harus Memakai Gambar atau Foto

1. Lebih menarik perhatian
Umumnya, kita menulis di blog atau web adalah agar dibaca oleh orang lain. Makin banyak dibaca makin keren. Untuk dibaca loh, ya. Bukan untuk diplagiat. Camkan itu, wahai plagiator. 

Supaya banyak dibaca, ternyata nggak cukup mengandalkan tulisan. Pemasangan gambar atau foto pada artikel juga bisa menarik perhatian (calon) pembaca.

2. Sebagian orang lebih mudah mencerna informasi visual.
Informasi yang disampaikan secara visual umumnya lebih mudah dicerna daripada yang berupa teks melulu.

Coba ingat-ingat deh. Lebih mudah mengingat isi komik atau buku teks fsika? Hehe…. 

Kalau mau memperhatikan, sekarang banyak loh materi sains, budaya, ekonomi, dan sebagainya yang disampaikan dalam bentuk komik. Karena apa? Ya itu tadi, informasi visual lebih mudah dicerna. 

6 Alasan Kenapa Artikel Kamu Harus Pakai Gambar atau Foto


3. Poin penilaian dalam lomba blog
Perhatikan deh persyaratan yang dicantumkan dalam informasi lomba blog. Salah satu poin yang sering disebutkan  adalah: nilai plus jika ada foto, infografis, atau video.



4. Gambar juga diindeks oleh Google
Gambar atau foto yang kita pasang dalam artikel di web / blog kita juga diindeks oleh Google lho. 

Nggak percaya? Coba kamu buka Google, lalu ketikkan sebuah kata atau tema. Perhatikan, deh. Hasil pencarian nanti nggak cuma menunjukkan link sebuah tulisan. Ada juga foto-foto yang muncul di hasil pencarian itu. Jika foto itu di klik, maka kita akan diantar ke sebuah web/blog yang membahas tema yang kita cari itu.

Jadi, pakailah gambar atau foto untuk menambah kemungkinan tulisan kita masuk ke halaman 1 Google (yang berarti akan lebih banyak dibaca).

5. Tulisan yang disertai gambar lebih banyak dibagikan (shared) oleh pembaca.
Pasti mau dong kalau tulisan kita dibagikan oleh banyak orang. Syukur-syukur bisa viral.

Nah, ternyata orang-orang  lebih suka membagikan tulisan yang ada gambarnya.

6 Alasan Kenapa Artikel Kamu Harus Pakai Gambar atau Foto


6. Tema yang dibahas.
Artikel kamu membahas tentang apa? Kalau bahasanmu itu tentang how to do something atau step by step to do something, maka wajib memakai gambar agar tulisanmu lebih mudah dimengerti oleh orang lain.

Begitu juga kalau artikelmu berisi perbandingan antara dua benda, dua tempat, dua orang, dua keadaan, dan sejenis itu. Kalau nggak ada gambarnya, gimana bisa membandingkan?


Yang Harus Diperhatikan

Gimana? Sudah tertarik untuk memakai gambar atau foto di dalam artikelmu? Sip sip. Kalau begitu, perhatikan dua hal berikut ini.

1. Kesesuaian gambar dengan tulisan.
Pilihlah gambar yang sesuai dengan isi artikelmu. Jangan sampai Jaka Sembung pergi mengembara ketika ayam berkokok, nggak nyambung ke mana-mana bok!

Gambar yang sesuai akan menguatkan isi artikel.

2. Hak cipta
Gambar udah sesuai, nih. Perhatikan lagi: gimana hak cipta gambar itu? Kalau gambar atau foto yang akan kita pasa di web atau blog itu asli jepretan kita sih nggak masalah. Hak ciptanya milik kita. Tinggal kita kasih watermark sebagai penanda kepemilikan.

Tapi kalau gambarnya mengambil di internet, hati-hati. Kalau nggak cermat bisa-bisa malah mengambil foto yang merupakan hak cipta orang lain.

Gambar dan Foto yang Royalty Free

Kalau mau tenang, coba deh pakai Jasa Shutterstock. Ada ratusan juta gambar yang bisa kita beli melalui Agen Shutterstock ini. Agen Shutterstock.com ini adalah bagian dari ID Copy.

6 Alasan Kenapa Artikel Kamu Harus Pakai Gambar atau Foto


Gambar-gambar dan foto-foto yang dijual di sini sudah bebas royalti dan hak cipta. Kita bebas memakai gambar-gambar yang kita beli di sana untuk berbagai keperluan, dari sekadar untuk ilustrasi di blog atau untuk diproduksi jadi berbagai pernak-pernik. Nggak akan ada yang menuntut ganti rugi atau pembagian royalti.

Harga gambar-gambar di sana juga relatif murah. Ada beberapa paket yang bisa kita pilih. Makin besar paketnya, kalau dihitung-hitung harga per gambarnya jadi makin murah.

Apakah beli gambar / foto ini mesti pakai kartu kredit? Wah, repooot....
Eh, tunggu bentar! Yang repot itu sih di tempat lain. Di Jasa Shutterstock ini kita bisa melakukan pembayaran melalui transfer ATM, bahkan pulsa.

Gampang banget, kan? Nah udah nggak ada alasan lagi tuh untuk males nulis atau ikutan lomba blog karena bingung mau pakai ilustrasi apaan.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.