Hijab for Sisters

Yuk Buat Perpustakaan di Rumah

 

Perpustakaan Keluarga

Pernah lihat rumah Dian Sastro yang di mana-mana ada buku? Bahkan di toilet pun ada rak buku. Anak-anaknya pun terbiasa dengan buku sejak kecil.

Senang rasanya melihat anak-anak suka membaca buku. Apalagi di tengah godaan online, entah untuk bermain game, menonton film, atau sekadar menggulir media sosial.

Memang bukan pekerjaan sehari jadi untuk membuat anak suka membaca buku. Orangtua perlu aktif memberi contoh dan menstimulasi anak-anak.

Salah satunya dengan membuat perpustakaan di rumah.

Baca juga: 9 Perpustakaan Online Gratis

 

Perpustakaan Keluarga

Meski tak memiliki rumah sebesar kediaman Dian Sastro, kita pun bisa membuat perpustakaan di rumah sendiri.

Sebuah pojok baca di rumah pun bisa kita sebut sebagai perpustakaan keluarga. Misalnya di ruang keluarga atau ruang makan.

Jika hendak membuat perpustakaan atau pojok baca di rumah, perhatikan 5 hal berikut ini.

 

1. Rak buku

Gunakan rak buku yang kokoh dan tidak mudah ambruk. Lebih bagus jika rak buku terbuat dari bahan yang tidak disukai rayap.

Rayap tidak hanya merusak rak buku dari kayu, tetapi juga buku-buku yang disimpan di sana.

Sesuaikan ketinggian rak dengan kebutuhan. Boleh saja membuat rak buku yang tinggi sampai ke langit-langit rumah.

Namun, jika di rumah ada anak kecil, sediakan pula rak khusus untuk buku-buku mereka.

Perpustakaan Dian Sastro
Perpustakaan di rumah Dian Sastro (Foto: IG @biasalahanakmuda)


2. Tempat duduk yang nyaman

Sediakan tempat duduk yang nyaman agar anggota keluarga betah membaca di sana. Tak harus berupa kursi atau sofa.

Karpet yang bersih dan empuk pun bisa menjadi tempat membaca yang menyenangkan. Boleh juga melengkapinya dengan bean bag.

Baca juga: Taman Baca Legendaris di Bandung


3. Pencahayaan

Pastikan perpustakaan keluarga atau pojok baca ini memiliki pencahayaan yang memadai.

Membaca di tempat berpencahayaan kurang akan membuat mata cepat lelah. Lama-kelamaan bahkan bisa menimbulkan masalah serius pada mata.

 

4. Pemilihan buku

Sediakan buku sesuai dengan kebutuhan dan usia anggota keluarga. Jika di rumah ada anak kecil, sediakan buku anak yang sesuai untuk mereka.

Apabila ada bayi atau anak balita, lebih baik sediakan buku khusus untuk mereka.

 

5. Bersihkan secara rutin.

Bersih-bersih secara rutin perlu dilakukan agar koleksi buku di perpustakaan rumah ini tidak menjadi sarang debu.

Pembersihan ini pun meminimalkan risiko rak buku dan buku tahu-tahu habis dimakan rayap.

Baca juga: 7 Komik Jadul Paling Dicari

 

Buku Bayi dan Balita

Meskipun bayi dan balita belum bisa membaca, ketersediaan buku akan menjadi stimulan bagi mereka.

Buku untuk bayi dan balita pun didesain khusus agar tidak melukai mereka. Misalnya softbook (clothbook) dan boardbook.

Boardbook umumnya didesain dengan ujung-ujung membulat (rounded) sehingga lebih aman.

Boardbook buku balita rekomendasi
Boardbook, buku yang didesain khusus untuik anak balita.


Kalau boardbook terlalu berat untuk dipegang oleh bayi atau batita, ada softbook. Bentuknya yang seperti bantal mungil dan empuk membuatnya mudah dipegang.

 

Sedia Pertolongan Pertama

Meskipun sudah tersedia buku khusus, ada saja kemungkinan si kecil berpura-pura membaca buku milik anggota keluarga yang lain.

Buku biasa dengan ujung-ujung menyudut rawan membuat si kecil terluka. Lembar-lembar kertas yang tampaknya aman pun bisa menggores kulit dan membuatnya berdarah.

Jangankan anak kecil. Kulit orang dewasa pun bisa tergores dan lecet karena kertas buku.

Jika kulit sampai terluka karena tergores kertas ini, segera bersihkan luka tersebut dengan Betadine Antiseptic Solution. Meski terlihat sepele, tetapi bahan kimia dari kertas dapat membuat kulit mengalami iritasi.

Cairan antiseptik Betadine ini bekerja cepat membunuh kuman penyebab infeksi. Warna cokelat keemasan pada Betadine Antiseptic Solution menandakan adanya Iodine yang berperan sebagai agen antimikroba.

Betadine Antiseptic Solutions untuk membersihkan luka.
Betadine Abtispetic Solutions dan Betadine Plaster untuk pertolongan pertama.


Antiseptik Betadine relatif bebas iritasi dan tidak menimbulkan rasa perih. Dengan begitu, jadi lebih mudah digunakan untuk anak-anak.

Agar luka terbuka akibat goresan kertas itu terjaga kebersihannya, gunakan Betadine plaster untuk menutupnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Betadine, Teman-teman bisa langsung ke situs https://betadine.co.id/

 

Pojok Menyenangkan di Rumah

Perpustakaan atau pojok baca di rumah akan semakin menyenangkan jika suasana di sana terasa hidup. Let's read dan mulailah berpetualang.

Orangtua bisa menyediakan waktu khusus berliterasi bersama anak di sana. Entah untuk membacakan buku, bercerita, atau bermain.

Bagaimanapun, teladan baik dari orangtua tetap diperlukan.

 

Cheers,

Ada Resensi

6 komentar

  1. Perpustakaan keluarga untuk menumbuhkahkan kesukaan membaca.

    BalasHapus
  2. diriku sudah ada perpustakaan dirumah tapi kecil sih kak, koleksi cuman seitar 600an buku aja. semuanya favoritku. sudah kukumpulin sjak kuliah dulu. Masih ada yang suka dibaca ulang juga

    BalasHapus
  3. Punya perpustakaan kecil di rumah memang bikin seneng sih, bisa tambah koleksi buku yang disuka. Apalagi bisa meng-influence keluarga juga biar gemar baca buku, soalnya ponakan daku pun juga jadi terpengaruh haha

    BalasHapus
  4. Sejak dulu alm.ayahku sudah bikin perpustakaan mini, beli lemari buat koleksi buku doang. Di sini juga bikin walau gak sebanyak koleksi buku ayah, tapi asik aja sih liatnya kalo di dalam rumah ada lemari isinya buku semua mirip perpustakaan

    BalasHapus
  5. saya juga punya banyak buku yang sangat penting bekas kuliah dan waktu ngantor dulu, bukunya daging semua, jadi pengen banget kusimpan dan buat perpustakaan kayak begini, masih cari desain raknya

    BalasHapus
  6. Eh iya loh.. Kertas buku tuh bisa bikin luka juga ya.. Apalagi buku baru.. Kudu ati2 banget pegangnya.. Kalo ada obat luka yang aman dan udah terjamin kualitasnya gak perlu khawatir lagi.. Hobi baca buku pun makin menyenangkan..

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.

RajaBackLink.com