Pemanfaatan Aplikasi Absensi Karyawan untuk Kinerja HRD

 

aplikasi absensi karyawan

Produktivitas HRD adalah kunci penting bagi pengembangan dan pengelolaan kinerja karyawan di divisi lain. Hal ini karena HRD adalah divisi yang memiliki wewenang terkaitan dengan kinerja karyawan.

Namun, sayangnya kinerja HRD juga mengalami pasang surut, sama dengan karyawan lain. Hal ini bukan menandakan staf HRD adalah karyawan yang malas atau buruk. Tumpukan pekerjaan administratif yang bersifat repetitif menjadi salah satu faktor penyebab penurunan kinerja staf HRD. 

Pembuatan laporan absen adalah salah satu dari sekian banyak tugas administratif HRD yang terkenal memakan waktu lama. Aplikasi absensi karyawan secara tak langsung menjadi solusi efektif bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas HRD.

Seperti apa caranya?

  

Gambaran Singkat Kinerja HRD Sehari-hari

HRD (Human Resource Department) adalah divisi dalam perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia berupa karyawan.

Keberadaan sumber daya manusia sangat penting dan berharga dalam perusahaan. Tugas administratif seperti perhitungan PPh 21, perhitungan gaji, mencatat dan membuat laporan absensi, dan lain-lain menjadi tanggung jawab bagian HRD.

Tak jarang tim HRD merasa kelelahan karena tugas yang menumpuk, bahkan sampai overload.

Data kehadiran karyawan yang masuk setiap harinya sangatlah banyak. HRD perlu mencatatnya satu per satu dan membuat laporan dari data tersebut untuk periode tertentu.

Hal ini akan sangat melelahkan, memakan waktu lama, dan membutuhkan banyak kertas bila dilakukan dengan cara manual.

Kelelahan pada staf HRD akan menyebabkan pengelolaan administrasi yang buruk.

Contoh dari pengelolaan administrasi yang buruk adalah kesalahan perhitungan gaji, terlambatnya approval cuti, dan pembuatan laporan absen yang tidak akurat.

Baca Juga : Pangkat, Golongan dan Golongan PNS Terbaru

Padahal, HRD memiliki tugas yang memiliki tingkat urgensi lebih tinggi, yaitu mengelola dan mengembangkan kinerja karyawan lain.

Jika HRD sudah merasa kelelahan akibat tugasnya yang lain, maka akan memengaruhi program pengembangan dan pengelolaan kinerja karyawan.

Akhirnya hal-hal penting justru malah terbengkalai dan tak terselesaikan dengan baik.

 

Aplikasi Absensi: Solusi Efektif Mengatasi Penurunan Produktivitas Karyawan

Untuk mengatasi kemungkinan menurunnya produktivitas dan kinerja HRD akibat menumpuknya tugas sistem administrasi HRD yang buruk, aplikasi absensi karyawan muncul sebagai jawaban dan penyelamat HRD.

Laporan absen bisa selesai hanya dalam beberapa tahapan tanpa perlu input manual. Di dalamnya terdapat sistem yang terintegrasi mengoneksikan data absensi karyawan dengan data absensi karyawan lainnya dengan tingkat akurasi tinggi. Data absensi pun dijamin kerahasiaannya dengan baik dan maksimal.

Tanpa aplikasi absensi karyawan, dalam pembuatan laporan ada risiko human error. Berbeda halnya jika mengggunakan aplikasi absensi karyawan.

Aplikasi absensi karyawan ini membuat kinerja HRD jauh lebih efisien. Tim HRD pun akan memiliki banyak waktu untuk mengembangkan strategi meningkatkan produktivitas karyawan.

Strategi pengembangan produktivitas karyawan yang dimaksud dapat berupa pelatihan dan layanan konsultasi mengenai masalah yang dihadapi karyawan selama bekerja. Karyawan akan memiliki kepuasan bekerja yang lebih baik dan lebih mampu berkontribusi secara maksimal dalam perusahaan.  

Untuk mendapatkan aplikasi absensi karyawan terbaik, perusahaan dapat menghubungi LinovHR sebagai vendor berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan perusahaan terhadap aplikasi absensi karyawan terbaik.

Kunjungi www.linovhr.com dan dapatkan penawaran menarik dari aplikasi absensi karyawan oleh LinovHR.

No comments

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.