Hijab for Sisters

Maksimalkan Pengelolaan Keuangan Pribadi dengan Aplikasi Keuangan

Mengelola keuangan pribadi dengan aplikasi keuangan
Mengelola keuangan agar tidak boncos.

Pengelolaan keuangan pribadi merupakan hal penting yang harus diprioritaskan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi jelas mana yang untuk kebutuhan pokok, untuk biaya sekolah anak, dan lain-lain.

Namun, pada kenyataannya banyak yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan. Akibat tidak bijak mengelola keuangan, jadilah boncos alias rugi secara finansial.

Supaya tidak terus-menerus keteteran begitu, ada baiknya menggunakan aplikasi keuangan untuk mempermudah proses pengelolaan keuangan pribadi.

Apa Itu Aplikasi Keuangan?

Aplikasi keuangan adalah sebuah software atau aplikasi yang dirancang untuk membantu pemiliknya dalam mengatur dan mengelola keuangan secara lebih efektif dan efisien.

Dengan adanya aplikasi keuangan, kita dapat memantau pengeluaran, mengatur anggaran, mencatat pendapatan dan pengeluaran, serta merencanakan investasi dengan lebih mudah dan cepat.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Keuangan

Perencanaan keuangan pribadi dan keluarga.
Keuangan pribadi perlu dikelola dengan baik. Foto: Unsplash.

Menggunakan aplikasi keuangan memiliki berbagai manfaat, yaitu:

1. Memudahkan pencatatan pengeluaran

Dengan menggunakan aplikasi keuangan, kita dapat dengan mudah mencatat pengeluaran yang dilakukan setiap hari.

Aplikasi tersebut akan secara otomatis mengategorikan pengeluaran sesuai dengan jenisnya, sehingga kita tidak perlu repot-repot melakukannya secara manual.

2. Mengatur anggaran dengan lebih baik

Aplikasi keuangan dapat membantu kita dalam mengatur anggaran dengan lebih baik.Kita juga dapat menentukan besaran anggaran untuk setiap kategori pengeluaran.

Misalnya nih, berapa yang dialokasikan untuk wisata kuliner, berapa untuk belanja buku, dan sebagainya.

Aplikasi tersebut akan memberikan notifikasi jika pengeluaran melebihi anggaran yang telah ditentukan.

3. Memantau pendapatan dan pengeluaran secara real-time

Aplikasi keuangan memungkinkan kita untuk memantau pendapatan dan pengeluaran secara real-time.

Hal ini dapat membantu dalam menyusun rencana keuangan yang lebih baik, sehingga dapat membuat keputusan finansial yang tepat.

4. Memberikan rekomendasi investasi

Beberapa aplikasi keuangan juga menyediakan fitur untuk memberikan rekomendasi investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan finansial kita.

Jadi, kalau profil risiko kita moderat, misalnya, aplikasi akan menyarankan investasi yang middle risk saja, misalnya reksa dana.

Sangat membantu dalam merencanakan investasi yang tepat dan mengoptimalkan penghasilan.

Jenis-Jenis Aplikasi Keuangan Berdasarkan Fungsi dan Manfaat

Berikut adalah beberapa jenis aplikasi keuangan seperti dikutip dari situs perbandingan harga gadget, berdasarkan fungsi dan manfaatnya:

1. Aplikasi pencatat pengeluaran

Aplikasi ini dirancang khusus untuk mencatat pengeluaran sehari-hari. Misalnya Manager, Spendee, dan Wallet.

2. Aplikasi pengatur anggaran

Aplikasi ini membantu pengguna untuk mengatur anggaran dengan lebih baik. Contoh aplikasi ini adalah Monefy, Goodbudget, dan Money Lover.

3. Aplikasi pemantau investasi

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memantau investasi yang dimilikinya, seperti saham, obligasi, dan reksa dana. Beberapa contoh aplikasi ini adalah Stockbit, Bibit, dan Bareksa.

4. Aplikasi perencana keuangan

Aplikasi ini membantu pengguna dalam menyusun rencana keuangan jangka panjang. Contohnya Finansialku, Bareksa Plan, Uangteman, dan CNB Investama.

Baca Juga: Literasi Digital agar Aman Berinternet

Manfaat Internet IndiHome

Koneksi internet cepat dan stabil.
Internet cepat dan stabil mempermudah pengelolaan keuangan melalui aplikasi. Foto: Unsplash.

Untuk dapat menggunakan aplikasi keuangan dengan optimal, koneksi internet yang cepat dan stabil sangatlah penting.

Salah satu penyedia layanan internet yang dapat diandalkan adalah IndiHome. IndiHome memiliki berbagai paket internet yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, mulai dari paket 10 Mbps hingga 100 Mbps.

Selain itu, IndiHome juga memiliki fitur WiFi Corner yang memungkinkan penggunanya terhubung dengan internet secara gratis di berbagai lokasi yang tersedia.

Tentunya ini sangat bermanfaat bagi travel writer yang pastinya sering pergi ke berbagai tempat atau kita yang sering bepergian untuk urusan pekerjaan. Ke mana pun pergi tetap bisa terhubung dengan internet.

IndiHome juga menyediakan berbagai fitur menarik lainnya, seperti aplikasi IndiHome Care yang memungkinkan kita mengakses berbagai layanan dan informasi seputar IndiHome secara mudah dan cepat.

IndiHome dari Telkom Indonesia juga menyediakan paket bundling dengan layanan televisi dan telepon rumah, sehingga kita dapat mendapatkan layanan komunikasi lengkap dengan harga yang terjangkau.

Mengelola keuangan pribadi akan menjadi hal yang sulit jika tidak dilakukan dengan baik. Menggunakan aplikasi keuangan dapat menjadi solusi yang efektif dan efisien untuk membantu mengatur keuangan pribadi dengan lebih baik.

Ada berbagai jenis aplikasi keuangan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan finansial kita masing-masing.

Untuk memaksimalkan penggunaannya, koneksi internet yang cepat dan stabil sangatlah penting.

Koneksi internet cepat dan stabil ini juga sangat bermanfaat ketika mengakses perpustakaan online dan mencari buku-buku tentang perencanaan keuangan agar lebih melek finansial.

IndiHome sebagai penyedia layanan internet terpercaya dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dalam mengakses aplikasi keuangan.

Dengan demikian, kita dapat mengoptimalkan pengelolaan keuangan pribadi mereka, dan meraih kesuksesan finansial yang diinginkan

7 komentar

  1. Tips mengelola keuangan pribadi.

    BalasHapus
  2. dengan aplikasi keuangan yang tepat pasti pencatatan jadi bagus. Pengeluaran bisa efektif dan efisien serta pastinya semua bisa diatur dengan baik dong ya

    BalasHapus
  3. banyak manfaatnya ya kalau internet lancar, mengatur keuangan dengan aplikasi juga jadi lancar

    BalasHapus
  4. Bagiku, aplikasi perencanaan keuangan ini membantu banget dalam mengelola keuanganku tiap bulannya. Jadi pas gaji masuk langsung dipisahkan sesuai posnya.

    BalasHapus
  5. aku sejak rajin rekap keuangan jadi sadar diri kalo boros haha penting banget nih punya aplikasi keuangan biar bisa ngerem kalo mau impulsif

    BalasHapus
  6. Mengatur keuangan menggunakan aplikasi keuangan memang lebih mudah dan teratur. Karena mencatat pengeluaran dan pemasukan itu menurut aku penting banget, biar tahu juga uang digunakan untuk apa.

    BalasHapus
  7. Aplikasi pengelolaan keuangan ini memang penting banget ya, Kak. Selain bikin arus keuangan kita tertata rapi, juga membantu kita untuk disiplin serta tidak boros, hehe.

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.