Hijab for Sisters

Membuat Perencanaan Keuangan untuk Mengatasi Kesulitan Keuangan

Tips membuat perencanaan keuangan

Mengelola keuangan adalah tantangan tersendiri. Terkadang, kita merasa kesulitan dalam mengatur dan memaksimalkan pengelolaan keuangan pribadi.

Tuh ya, mengelola keuangan pribadi aja keteteran. Kebayang nggak gimana puyengnya mengelola keuangan negara? Sungkem dulu sama Bu Sri Mulyani.

Namun, masalah tersebut bisa diatasi dengan membuat perencanaan keuangan yang jelas.

Dalam artikel ini kita akan membahas pentingnya membuat perencanaan keuangan yang efektif. Plus beberapa tips praktis untuk menyusun rencana tersebut.

Apa itu Perencanaan Keuangan?

Perencanaan keuangan adalah proses mengidentifikasi tujuan keuangan seseorang dan menyusun rencana untuk mencapainya.

Tujuan finansial bisa bervariasi. Mulai dari traveling ke berbagai penjuru dunia dan menginap di hotel unik yang penuh buku, membeli rumah, menabung untuk masa depan, hingga investasi saham.

Perencanaan keuangan melibatkan pembuatan anggaran, pengelolaan utang, dan investasi. Dengan begitu, kita dapat mencapai tujuannya dengan lebih baik dan tepat sasaran.

Pentingnya Membuat Perencanaan Keuangan 

Membuat perencanaan keuangan yang jelas sangat penting karena dapat membantu mengelola keuangan dengan lebih efektif.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa perencanaan keuangan penting:

1. Memudahkan untuk Mencapai Tujuan Keuangan

Dengan menyusun rencana keuangan yang terperinci, kita dapat mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan.

2. Menghindari Utang yang Tidak Diperlukan

Dengan merencanakan pengeluaran, kita dapat menghindari utang yang tidak diperlukan dan mengetahui kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi.

Misalnya nih, tidak perlu berutang demi traveling ke tempat-tempat eksotis. Bisa-bisa setelah traveling terbitlah pusing tujuh keliling.

3. Menghindari Kebutuhan Finansial Mendadak

Dengan menyisihkan uang untuk kebutuhan mendesak seperti biaya kesehatan atau perawatan mobil yang mogok, maka kita akan siap menghadapi situasi tersebut.

Tips Membuat Perencanaan Keuangan yang Efektif

Tips mengelola keuangan pribadi.
Pendapatan dan pengeluaran harus direncanakan dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips praktis dalam membuat perencanaan keuangan yang efektif:

1. Buat Anggaran Bulanan

Setiap awal bulan, buatlah daftar anggaran bulanan dan hitung pendapatan yang diterima.

Selanjutnya, alokasikan uang tersebut untuk kebutuhan rutin seperti belanja bulanan, berburu buku berkualitas, tagihan listrik, dan tagihan internet.

2. Menabung Secara Rutin

Menabung secara rutin sangat penting dilakukan agar bisa mencapai tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Ambil bagian dari gaji setiap bulannya untuk ditabung, misalnya 20%.

3. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

Untuk meningkatkan jumlah uang yang bisa ditabung, cobalah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu seperti makan-makan di restoran mahal atau membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

FYI nih, wisata kuliner di kaki lima juga banyak yang rasanya top markotop nikmat tiada tara, lho.

4. Investasi untuk Masa Depan

Investasi adalah cara yang tepat untuk meningkatkan aset dan memperoleh keuntungan. Pilihlah investasi yang sesuai dengan profil risiko diri kita.

Misalnya, kalau kita bukan tipe yang berani menanggung risiko besar, lebih baik investasi di deposito saja, atau mentok-mentok di reksadana. Investasi saham itu cocok untuk yang profil risikonya agresif.

Mengelola Keuangan Lebih Baik dengan Dukungan Teknologi

Tips perencanaan keuangan keluarga.
Disiplin mengelola keuangan untuk mencapai tujuan finansial.

Mengelola keuangan memang tidak mudah. Untungnya, sekarang ada teknologi yang dapat membantu kita agar lebih efektif menjalankan perencanaan keuangan. Salah satunya adalah internet banking atau e-banking.


Seperti dilansir dari media teknologi, dengan layanan ini nasabah bisa mengakses informasi rekening dan melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja dengan cepat dan aman.

Adalah Telkom Indonesia yang menyediakan internet cepat terbaik di Indonesia melalui IndiHome. IndiHome menawarkan berbagai paket jitu yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Selain itu, Telkom Indonesia juga menawarkan layanan Telkomsel Money, yaitu layanan uang elektronik yang memudahkan konsumen melakukan pembayaran dengan aman.

Manfaat Internet IndiHome

IndiHome tidak hanya menyediakan internet cepat, tapi juga memberikan manfaat tambahan bagi pelanggannya.

Dengan menggunakan layanan ini, kita bisa mengakses internet banking dengan mudah dan aman. Jadi, kita bisa melakukan transaksi keuangan tanpa harus datang ke bank.

Selain itu, IndiHome juga menawarkan fitur myIndiHome, yaitu aplikasi berbasis web yang memungkinkan pelanggan memantau penggunaan internet dan tagihan secara real-time.

Dengan dukungan teknologi dan jaringan internet IndiHome yang cepat dan stabil, pelanggan dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan efisien.

Pelanggan dapat mengakses informasi rekening, transfer dana, membayar tagihan, dan melakukan investasi melalui internet banking dengan cepat dan mudah. Tak perlu repot-repot keluar rumah dan mengantre di bank. Hal tersebut membuat perencanaan keuangan yang efektif menjadi lebih mudah dilakukan.

Mengelola keuangan adalah hal penting yang harus dilakukan agar keuangan tetap terkendali. Salah satu cara untuk mengelola keuangan adalah dengan membuat perencanaan keuangan yang jelas dan efektif.

Adanya dukungan teknologi seperti internet banking dan e-banking, serta internet cepat dari IndiHome, membuat perencanaan keuangan semakin mudah dipraktikkan dan lebih efektif.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat Indonesia untuk memaksimalkan manfaat teknologi dalam mengatur keuangan dan memiliki gaya hidup lebih sehat secara finansial.

6 komentar

  1. Memiliki perencanaan keuangan harus ada, saya belajar dari ketika tidak memiliki perencanaan keuanga. Seakan-akan uang yang ada untuk digunakan semua. Tidak berpikir akan datang saat butuh

    BalasHapus
  2. PR banget buat aku soal perencanaan keuangan ini. Aku belum bisa konsisten nabung dan investasi. Bahkan bikin anggaran aja kadang malas dan masih suka tergoda buat beli barang cuma karena pengen bukan karena butuh.

    BalasHapus
  3. Berkat teknologi kini semakin mudah dan nyaman untuk mengelola keuangan

    BalasHapus
  4. Melakukan perencanaan keuangan itu memang penting banget ya mbak dilakukan kalau kita mau tujuan finansial tercapai. Aku sendiri masih belajar banget nih mengelola uang biar nggak boncos tiap bulannya

    BalasHapus
  5. Mengelola keuangan dengan support dari wifi rumah IndiHome bikin segala sesuatunya berjalan dengan lancar ya Mbak. Tak hanya menabung kita bisa juga berinvestasi sehingga nilai uang tetap dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan di masa yang akan datang.

    BalasHapus
  6. Emang penting melakukan perencanaan keuangan ini karena sewaktu waktu ada kebutuhan mendafak kita enggak bingung tapi istiqomahnya itu yang berat hehe

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.