Friday, September 13, 2019

Berbagai Coklat Bubuk yang Dapat Digunakan dalam Pembuatan Kue



coklat bubuk

Siapa yang tidak mengenal coklat. Bahan makanan yang sangat identik dengan rasa manis ini memang cukup digemari oleh banyak orang.
Tidak heran jika berbagai makanan sering sekali menggunakan coklat. Baik sebagai bahan utama, pemanis, pelengkap, atau topping.

Coklat bubuk adalah salah satu produk coklat yang banyak digunakan dalam berbagai macam olahan kue seperti pisang coklat, lava cake, brownis, martabak manis, dan masih banyak lagi lainnya.
Tetapi yang perlu kita pahami, coklat yang digunakan untuk pembuatan kue berbeda dengan jenis coklat yang dapat dikonsumsi secara langsung.

Jenis-Jenis Coklat

Ada banyak sekali jenis coklat di pasaran. Sebelum berbelanja bahan coklat yang akan digunakan untuk pembuatan kue, lebih baik kita pahami terlebih dahulu jenis-jenis coklat yang ada. Hal ini karena coklat untuk membuat kue berbeda dengan coklat siap santap.
Nah, beberapa jenis coklat berikut ini bisa kita jadikan pilihan. 

1. Coklat couverture.

Ini merupakan salah satu jenis coklat yang mempunyai kualitas tinggi. Dibuat dengan cocoa mass (berupa pasta) dan cocoa butter. Rasa coklatnya paling kuat dibandingkan dengan coklat jenis lainnya.
Kandungan gula dalam coklat covertures ini tidak terlalu banyak. Selain itu, coklat jenis ini juga mudah meleleh.
Ada beberapa jenis coklat covertures, yaitu bittersweet, semisweet, dan milk.

2. Coklat compound.

Coklat jenis compound ini terbuat dari tepung kakao dan lemak nabati. Coklat jenis ini memiliki kandungan gula yang lebih banyak serta tidak mudah meleleh. Harganya juga lebih terjangkau dari segi harga, alias lebih murah dibandingkan coklat covertures.
Coklat compound ini banyak digunakan dalam industri kue, terutama yang berskala rumahan. Menemukan coklat compound ini pun gampang karena tersedia di berbagai supermarket di Indonesia.
 
coklat compound
Coklat Compound.

3. Coklat tepung.

Coklat tepung ini berbentuk bubuk. Bisa digunakan untuk membuat kue atau dijadikan bahan minuman, baik minuman panas maupun dingin.
Coklat bubuk atau coklat tepung ini sangat umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tak lain karena harganya yang lebih terjangkau, mudah ditemukan, serta mudah pula digunakannya.
 
coklat bubuk
Coklat bubuk.

Jika akan menggunakan coklat untuk makanan atau minuman, pilihlah merk yang berkualitas baik.
Tahap pemilihan inilah yang sering membuat para konsumen kebingungan. Lebih-lebih karena di pasar konvensional dan online banyak sekali merk coklat yang dijual.
Jika masih kesulitan menemukan coklat batangan yang terbaik, bisa percayakan pada Tokowahab. Ini merupakan salah satu e-commerce yang menjual segala bentuk kebutuhan bakery secara online. 
Sambil minum milkshake coklat, asik nih membaca resensi buku-buku keren ini:

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.

Contact Form

Name

Email *

Message *